Rabu, 12 Oktober 2011

Manfaatkan Limbah Rumah Tangga


Seberapa sering kamu atau mama kamu membeli pupuk untuk tanaman-tanaman cantik dirumah kamu? Atau seberapa banyak uang yang biasa dihabiskan untuk membeli pupuk dalam sebulan??

Sekarang tidak perlu repot-repotlah mengeluarkan uang untuk membeli pupuk. Hanya dengan limbah rumah tangga saja kamu sudah bisa memberi asupan gizi untuk tanaman kamu. Misalnya dengan :

1. Mungkin di beberapa keluarga kebiasaan minum TEH pagi atau sore itu masih sering dilakukan ya. Termasuk di keluarga kamu mungkin. Nah, sekarang kamu bisa kasih tau mama kamu, bekas teh yang sudah diseduh dan tidak dipakai lagi jangan langsung dibuang. Langsung tebarkan saja ke tanaman-tanaman dirumah kamu. Jangan lupa kalau teh nya masih di dalam saringan (seperti teh celup) keluarkan dulu ya serat-serat teh nya. Saringan nya sih dibuang saja :)

2. Mungkin di dapur kamu banyak terdapat OBAT-OBAT tablet yang sudah tidak diminum atau malah sudah kadarluarsa? Nah itu juga bisa untuk pupuk alami untuk tanaman kamu. Caranya cukup menggerus (menghancurkan obat tersebut) kamudian di taburkan di atas tanaman kamu.

3. AGAR-AGAR memang sangat bermanfaat untuk pencernaan kita begitu juga untuk tanaman. Larutkan satu bungkus agar-agar kamudian tambahkan tiga gelas air putih dan aduk rata. Kemudian tinggal di siram deh ke tanaman kamu.

4. Sepertinya kalau habis masak telur sedikit enggan ya untuk menyimpan cangkang nya. Tapi ternyata CANGKANG TELUR itu banyak manfaatnya lho. Selain untuk karya seni, cangkang telur juga bisa sebagain pupuk untuk tanaman kamu. Cukup dihancurkan saja jadi keping kecil-kecil kemudian taburkan diatas tanaman kamu.

5. Kenapa ya bawang itu pedas?? buktinya kalau kita mengupas KULIT BAWANG tidak jarang bisa sampai nangis. Walaupun mengupas kulit bawang itu sedikit menyebalkan tapi nanti nya kulit bawang itu bisa dimanfaatkan lho. Tinggal rendam saja kulit bawang tersebut dengan air selama satu malam, esok paginya bisa langsung disiram ke tanaman kamu.

6. Yang terakhir ini adalah AIR BEKAS CUCIAN BERAS. Selain air ini bisa melembutkan tangan, air ini juga sangat berguna untuk tanaman cukup menyiramkanya saja.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar